Saya hanya sekedar ingin berbagi pengalaman. Bagi para profesional dibidangnya, tulisan ini bisa dibilang ilmu dasar perbaikan motor. Namun untuk kamu yang ingin memcoba melakukan penggantian ring piston kendaraan secara sendiri, semoga tulisan ini bermanfaat.
Langkah Penggantian Piston kit:
- Pertama lakukan pembongkaran piston (lihat buku panduan reparasi)
- Cek kondisi semua bagian
- lihat ukuran piston (biasanya tertera pada badan piston)
- bawa silinder dan piston saat beli piston kit (menentukan berapa besarnya over size piston baru / kembali std)
- bawa ke tukang oversize silinder
- rakit / pasang semua bagian
- setel karbu (langsangnya diperbesar, biar ga mati2)
Disini saya tidak akan membahas bagaimana cara membongkar dan memasang piston. Untuk cara membongkat dan memasang silahkan baca Buku Panduan Reparasi (BPR) / Service Manual Book motor kamu. Sesuai judulnya maka saya hanya membahas urutan pemasangan ring piston.
Tulisan ini untuk pemasangan ring piston motor bebek / posisi head silinder tidur. (bisa dipraktekkan pada motor Honda Grand, Honda Supra X 100cc, Honda Win
Mari kita lihat ilustrasi yang terdapat dalam buku pandauan reparasi (mungkin bisa berbeda)
Nah, Silahkan diamati letak dan sudut pemasangan antar celahnya.
Alur ring di piston ada 3, urutannya:
- Ring kompresi pertama agak terang dibanding ring kedua. Tugasnya menahan kompresi, juga menyalurkan panas pembakaran.
# Dalam kit AHM terdapat tanda "N/T" - Ring kompresi kedua, biasanya warna fisik agak gelap. Bentuk lingkar
luar atau bibir samping ring kompresi biasanya meruncing di bawah.
“Tugasnya menyapu pelumas di permukaan liner. Juga tidak bikin kotoran
menumpuk di bawah ring. Makanya jangan sampai terbalik.
# Dalam kit AHM terdapat tanda "A" - Ring oli. Terdiri dari susunan ring tipis atas (rel samping), ring gelombag (pengantar) dan diapit lagi ring tipis bawah. (ring tipis sama saja, bisa dibolak balik) Tugas ring oli memberi pelumas pada liner, juga menyekap oli yang terlalu banyak di liner.
Setelah ring dipasang ke piston dengan tahap susuan ring oli pertama kali, disusul ring kompresi kedua dan pertama, langkah berikut mengatur posisi celah ring di alur piston. Tujuannya meminimalisasi kebocoran kompresi bila gap ring tersusun satu garis.
Usahakan agar celah ring jangan berada dibawah. hal ini dimaksudkan agar menghindari merembesnya oli melalui celah tersebut. Ini hanya berlaku untuk ring kompresi pertama dan kedua.
Pengaturan Sudut Celah Ring:
- Ring kompresi pertama membentuk sudut 45 s/d 60 derajat dari titik atas, bisa kekanan atau ke kiri.
- Ring kompresi kedua membentuk sudut 45 s/d 60 derajat dari titik atas, dengan arah kebalikan arah celah ring kompresi pertama.
- Ring oli, bebas.
Saran saya sebelum melalukan pembongkaran harap baca buku panduan repasi dengan teliti. Lakukan pengambilan gambar (foto) setiap detail saat pembongkaran, hal ini agar memudahkan saat pemasangan kembali.
Untuk proses over size bisa dilakukan di bengkel bubut, carilah informasi mengenai bengkel bubut yang bisa mengerjakan dengan baik.
#
Correct me, if I am wrong.
Sekian,Semoga Bermanfaat
terima kasih informasinya
ReplyDeleteTerima Kasih atas kunjungannya.
DeleteKualitas ring ku jelek kali yah, masih tetep ngebul da..
ReplyDeleteTerima kasih atas kunjungannya.
DeleteGa cuma ring saja penyebab motor ngebul. Coba Ceck liner. Biasanya penggantian piston kit harus juga dilakukan perbaikan pada linernya. biasanya oversize. atau kembali ke ukuran std bila oversizenya sudah maksimal. Cek juga seal klep. kebocoran oli bisa juga melalui seal klep yang sudah aus. sebaiknya setiap pembongkaran lakukan penggantian seal dan pack set. Untuk pembungkaran piston silahkan beli top set packing untuk motor anda. Semoga membantu.
Untuk honda c-series sama gak dgn motor honda yg baru??
ReplyDeleteKalo urutannya sama, gan. Ada ring kompresi pertama, ring kompresi ke dua dan ring oli. Bisa diterapkan pada honda Grand, Win, Supra 100cc.
Deletethanks gan untuk infonya.. lu,ayam umtuk oprak aprek sendiri...
ReplyDeleteSama2, gam. Semoga membantu & bermanfaat
DeleteBagaimana Kalau Berasap Gan? apakah itu disebabkan oleh ring piston
ReplyDeletehttp://teknisi-otomotif.blogspot.com/
Kemungkinan bisa saja, gan
Deleteberasap bisa disebabkan oleh ring piston dan seal klep.
Coba cek di kedua bagian tsb
ring sap win yg cocok apa ya?
ReplyDeleteBisa memakai piston kit milih Grand
DeleteBisa memakai piston kit milih Grand
Deletering sap win yg cocok apa ya?
ReplyDeleteGrand bisa dicoba, boss
Deleteterimaksih atas infonya
ReplyDeleteYup,, sama2.. Terimakasih telah berkunjung.
Deletesaya punya motor legenda dan punya masalah tentang busi, busi selalu kotor dn hitam itu pengaruh dari mana ya tapi gak banjir mohon infonya maklum masih awam tentang motor ni terimaksih
ReplyDeleteKemungkinan:
Delete- Seting kartu kurang pas,
- Liner dan ring piston sudah aus
- Seal klep aus
Permisi gan ane mau nanya,,
ReplyDeleteAne punya motor karisma X 125D,,
Mesinnya cepet banget panas!!,,
Cuma jarak 1km aja mesinnya udh bau sangit!!,,,tolong dibantu dan pencerahannya gan, tarima kasih
Coba cek olinya, gan
DeleteCek juga pompa olinya jalan atau tidak.
Cara cek pompa oli:
Buka penutup mesin, kemudian buka tutup setelan klep. Cukup dubuka yang bagian bawah saja, tp kalo mau dibuka semua juga boleh). Kemudian nyalakan mesin. perhatikan apakah oli mengalir keluar dari tutup setelan klep bagian bawah. Kalo masih mengalir brarti pompa oli masih normal. Oli harus benar2 mengalir, seperti oli yang dituang. maka siapkan wadah untuk menampung oli yang keluar.
gan ring kompresi 1itu yang bner menghadap lubang in ap ex..
ReplyDeleteMaksudnya gimana gan? Celah ringnya? Kalo celah ringnya usahakan membentuk segitiga dengan sudut 120 derajat.
DeleteKalo bisa usahakan ring oli lurus ke lubang in (agar oli tidak mudah rembes ke ruang bakar)
Silahkan dicermati lagi uraian diatas.
Terima kasih
Malam bro...gimana klu ring piston udah g ada tanda,tetapi yg satu tebal dan yg satu lg lebih tipis...dan yg mana ring kompresi pertama serta kompresi kedua
ReplyDeleteMalam bro...gimana klu ring piston udah g ada tanda,tetapi yg satu tebal dan yg satu lg lebih tipis...dan yg mana ring kompresi pertama serta kompresi kedua
ReplyDeleteYg tipis itu ring kompresi gan/ ring no 1 paling atas.yg agak tebal bru ring no 2.
DeleteWaduh, kalo itu sulit dibedakan lagi, mas boss... Kalo sudah perah dipake tanda bisa aja hilang, dan permukan ring kemungkinan sudah sama datar (ring kompresi kedua permukaannya runcing, -lihat gambar diatas)
ReplyDeleteKalo ak kepaksa mau dipasang mending yang tebal dipasang di kompresi pertama (biar kuat menerima panas)
#mohon koreksi kalo salah#
kurang paham juga, gan. belum pernah pasang soalnya. hehehe...
ReplyDeleteKompresor ga ada ledakan api, tapi tekanan udara yang bisa cukup besar.
Mau tanya gan,,ane punya mtor revo lama.. Ring sehernya sdh kalah.. Tapi d tmpt ane g ada yg jual ringnya aja.. Apa bisa pake ring saja,,tapi punya honda beat atw blade&absolut revo.. Soalx kalo g salah diameter pistonx sama yaa gan... Thanx b4..
ReplyDeleteMas bos..sya baru bongkar gl max saya.silindernya cacat tp piston bagus ..gmn mas bos apa hrs ganti thank
ReplyDeleteOm numpang nanya maaf masih pemula ni, saya baru ganti seher,baru Korter Dinding silinder,Ko 1 minggu kedepan udah ada lagi ajah asap putih om maaf numpang nanya om makasih
ReplyDeleteMas kenapa di saluran lubang busi selalu merembes oli...mohon solusinya mas
ReplyDeleteMas kenapa di saluran lubang busi selalu merembes oli...mohon solusinya mas
ReplyDeletetanya mas,setelah bongkar pasang blok motor cs1,kenapa gak mau hidup,hidup tapi gak mau d gas
ReplyDeleteThis comment has been removed by the author.
ReplyDeleteMau tanya untuk ganti rong piston Honda legenda 2 di Ahass kira kira berapa ya ?
ReplyDeleteTrimakasih gan,, akan saya coba
ReplyDeletekalau ukuran piston kit honda fit x th 2008 berapa ya?
ReplyDeletetebal ring kompresi berapa ya klao boleh tau
ReplyDelete