SELAMAT DATANG DI BLOG SAYA, MARI BERBAGI ILMU.... SEMOGA BERMANFAAT

Wednesday, September 15, 2010

Mengembalikan tombol fn dan tombol ctrl yang tertukar

Sebenarnya ini pengalaman pribadi. Hal ini terjadi gara gara serangan virus yang merusak system laptop. Penyebabnya aku menjalankan file installer yang baru saja aku download dari Internet. Padahal waktu itu Antivirus telah mendeteksi adanya virus pada file tsb, tapi ak nekat tetap membuka file tadi. Alhasil virus menginfeksi salah satu file system, dan harus di"clean" oleh antivirus. Mau ga mau ak klik OK saja pada saat anti virus minta clean pada saat restart. Lalu apa yang terjadi? Memang komputer bisa masuk windows, tetapi tidak bisa menjalankan "explorer.exe" (yang tampil di destop hanya wallpaper saja, tanpa ada taskbar dan icon desktop. hanya layar kosong saja) padahal udah aku coba buka lewat task manager, tapi tetap tidak bisa.

Nah disinilah awal mula tombol "fn" dan "ctrl" tertukar. Berhubung laptop bakal dipakai untuk sebuah acara,
langsung saja aku bawa ke dokter spesialis... (hehehehe..... tepatnya pagi hari). Karena di partisi System tersimpan banyak file, makanya aku minta untuk di backup. Waktu itu aku sempat ngeliat sang dokter masukin CD, nyeting bios. akhirnya laptopnya bisa nyala, tapi bukan tampilan windows seperti biasa. Mungkin hanya  untuk membeckup data saja.

Lalu sesuai kesepakatan Laptop bisa diambil siang hari, lalu aku tinggal saja. Sewaktu aku kembali, ternyata laptopku masih di proses, tapi berganti dokter (Mungkin ganti sift kali.... hehehehehe). Dari pada bolak balik aku tungguin aja. Pada waktu install program, tepatnya waktu mengcopy paste serial number eh ga bisa pake shortcut keyboard. Tapi pas dicoba pake tombol "ctrl" sebelah kanan bisa, trus sang dokter memfonis Keyboard-nya mati (khusus tombol "ctrl"). Aku ga protes macem macem, karena pikirku ini pasti gara gara kemarin. Aku hanya tanya bisa tidak di ganti keyboardnya, tentu saja bisa dan harganya sekitar 1 jutaan, jawabya. Yah nanti sajalah diganti kalo udah punya duit baru diganti, hehehehehehe. Selang beberapa hari aku baru tahu kalau kedua tombol tadi tertukar, hal ini terjadi pada saat aku secara tidak sengaja menekan tombol "fn" untuk mengcopy paste. sesaat kemudia aku baru ingat kalo tombolnya kan mati, lalu aku lalukan beberpa kali test untuk kedua tombol tersebut (fn dan ctrl. termasuk menggunakan tombol yang harus menggunakan tombol fn) dan hasilnya positif tertukar.

Aku mencoba tanya sama mbah google gimana caranya untuk menukar kembali kedua tombol tersebut. Berhari hari aku menjelajahi dunia maya, namun tidak membuahkan hasil. Sempat aku berpikir untuk meminta bantuan dari produsennya, tapi nggak jadi. Akhirnya aku menemukan solusi agar bila dipakai orang lain tidak menyesatkan, aku tempeli stiker saja. Sudah bereskan? tentu saja lebih gampang dan yang terpenting tidak menyesatkan orang lain.

Eit........ Ini belum selesai boss. Singkat cerita Laptoku sering hank, dan aku putuskan untuk aku install sendiri. Waktu aku menyeting bios secara tidak sengaja aku menemukan "swap fn key" (tulisannya bener ga ya? yang aku ingat pokoknya ada tulisan fn gitu) ternyata pada posisi on/enable. Langsung saja aku coba matikan (Nanti saja aku lihat di bios untuk tepatnya). Lalu save parameter biosnya dan exit, dan mengeluarkan cd (menunda untuk install windowsnya) karena penasaran untuk mencoba dari efect seting bios tadi. dan Alhasil 100% berfungsi, dan sekarang tombol keyboard telah normal kembali. Dan tentu saja stiker yang aku pasang pada kedua tombol tadi aku lepas...

Maaf kalo ada cerita yang nggak penting, tapi kalau ga lengkap kan ga tahu penyebabnya.
Semoga bisa membantu anda. Oh iya Laptopnya Pabrikan Compaq.

Mari berbagi pengetahuan.

1 comment:

  1. kasusnya sama kayak saya mas..

    setelah googling, ketemu solusinya :D
    http://www.harid.web.id/routine-othermenu-28/118-perbaiki-hp520-tombol-ctrl-a-fn-yang-tertukar.html

    ReplyDelete